How to Survive while Living in Dormitory

As we know, sekarang ini sudah banyak Universitas yang menyediakan asrama untuk para mahasiswanya. Nah, sebenarnya apasih asrama dalam pandangan kalian? Pasti banyak dari kalian yang punya pikiran kalau tinggal di asrama itu ribet, banyak aturan, dan serba antri. FYI, sebenarnya tinggal asrama itu nggak akan seribet seperti yang ada di benak kalian. Selama kalian tau gimana caranya bertahan hidup di asrama, kalian pasti tenang. And here’s some tips to survive ourself while living in dormitory!

1. Manage your time

For dormitory student, kalian harus bisa membagi waktu dengan bijak. Kalian bisa menyiasati dengan membuat daily planner/daily schedule dan kalian tempel di tempat yang mudah dilihat. Atau kalau kalian nggak mau ribet-ribet dalam membuat daily planner, kalian bisa order notebook yang sudah dilengkapi dengan daily planner secara online maupun offline. Dan yang paling penting dalam managing our time adalah menghindari kata MALAS. Kita sebagai muda-mudi yang bermasa depan cerah, kita harus mulai mengikuti prinsip “semakin ditunda semakin menumpuklah pekerjaan kita”. So, in the other words, kita harus serba tepat waktu. Dan kunci bisa tepat waktu itu sebenarnya ada dalam diri kita sendiri.

2. Manage your money wisely

Tanpa dipungkiri, pasti ada perasaan senang ketika kita tinggal jauh dari orangtua. Kita beranggapan bahwa kita sudah dewasa dan bisa mengatur keuangan sendiri. But actually, tanpa adanya orangtua, kita justru menjadi pribadi yang boros banget. Merasa sudah nggak ada halangan lagi, kita dengan santainya ngeluarin uang hingga akhirnya kita kena kanker (re;kantong kering) di akhir bulan. Untuk mengatasi hal ini, coba deh buat money controler sheet. Kalian hanya butuh selembar kertas lalu buatlah tabel dengan 4 kolom dan baris sesuai kebutuhan. Disana kalian beri keterangan sederhana seperti income, outcome, balance, and explanation. Jangan lupa untuk selalu mencatat pengeluaran kalian setiap harinya. Dengan mencatat setiap pengeluaran, pasti ada rasa sayang kalau kalian mau menjajakan sesuatu dengan uang bulanan kalian. Kalau kalian merasa uang kalian tersisa dan memungkinkan untuk ditabung, kalian juga bisa membuat saving money sheet untuk mengontrol tabungan pribadi kalian.

Selain boros, di asrama juga memungkinkan kita untuk saling pinjam meminjam uang antar teman. Nah, untuk menghindari ‘lupa hutang maka nggak bayar’, biasakan untuk mencatat waktu dan jumlah uang yang kita pinjam dari teman-teman kita, begitupun sebaliknya.

3. Be selective when choose a  friend

Memilih teman bukan berarti pilih-pilih teman ya, guys. Memilih teman disini punya tujuan untuk menyaring pengaruh-pengaruh negatif yang mungkin akan menyerang kita nantinya. Sebenernya memilih teman itu sesuai dengan gimana nyamannya seseorang itu. Tapi akan lebih menyenangkan kalau kalian bisa menemukan teman yang mempunyai kesamaan. Entah dari segi hobi yang sama, idola yang sama, ataupun fakultas yang sama. Dengan memilih teman yang tepat, secara nggak langsung kita pasti terpengaruh oleh their positive aura.

4. Keep snacks on hand

Kantin nggak akan buka selama 24 jam, dan kita juga nggak boleh keluar masuk asrama seenaknya aja kan? Terus kita harus gimana kalau lapar itu menyerang tanpa tau waktu? Inilah fungsi dari ‘keep snacks on hand’. Dengan adanya cadangan makanan ringan di lemari, akan membantu mengurangi teriakan perut kalian nih kalau lagi nugas di tengah malam. Selain itu kalian bisa menghemat uang jajan dengan nyemil makanan ringan yang sudah kalian beli diawal bulan.

5. Keep clean, keep health

Yang namanya hidup bersama itu nggak jauh-jauh dari yang namanya sampah. Nah, untuk kalian yang tinggal di asrama, kalian harus rajin-rajin membersihkan barang-barang kalian. Sebisa mungkin kalian tidak menimbun sampah ya, guys. Selain bisa mengganggu teman yang lain, timbunan sampah itu akan membuat kita mudah terserang penyakit. Siasati dengan membuat jadwal piket bergilir antar teman sekamar dan jangan sampai kita memutus giliran piket hanya karena malas buang sampah setiap paginya.

Nggak cukup hanya dengan jaga kebersihan, kalian juga harus menjaga kesehatan diri kalian masing-masing nih. Setidaknya kalian minum vitamin setiap harinya supaya energi dan stamina tetap terjaga. Sediakan juga obat-obatan pribadi supaya kalau kalian sakit nggak perlu lagi repot cari obat.

Well, itulah secuil tips yang bisa dibagi untuk kalian. Disamping tips yang ada di atas, penting buat kalian semua untuk membiasakan diri dan benar-benar niat hidup di asrama. Karena sesuatu yang baik itu berawal dari yang baik juga, guys! Semoga bermanfaat!

___________________________________

Thankyou for read this tips!

Yuk komen dan mantion-mantionan langsung dengan writer soal cerita ini di IG-nya Fill The Blank Space yang ada feed khusus chapter ini.

See yah! ^^v

Written by : Sukma Jung

IG : Sukmajung

 

All content rights reserved.