Sekali Lagi | Cerpen

Author : Imelda Sitorus

 

Mungkin  karena  terlalu  lama  jomblo   ya,  akhirnya  aku  pilih  cara  ini  buat  nyari  pacar.  Cuma  iseng-iseng  aja  sih  aku  pakai  cara  ini,  eh..  tapi  kalau  cowoknya  ganteng  serius juga boleh kok.  Aku  duduk  di  depan  perpustakaan  sambil  meminum  sekaleng  minuman  soda.  Cara  ku  mencari  pacar  adalah  siapa  yang  keluar  dari  perpustakaan  bakalan  jadi  target  aku  untuk  jadi  pacar.

“Krreettt…”  pintu  perpustakaan  ditarik  pelan  oleh  seseorang,  mudah-mudahan  orangnya ganteng.  Duhh  deg-degan  juga  nih,  siapa  ya  orangnya?  jreng!  Keluarlah  seorang  cowok  berkulit  sawo  matang  dan  bertubuh  tinggi  yang  menenteng  buku  pelajaran.  Aku  kaget,  karena  yang baru  saja  keluar  adalah  teman  sekelasku.

“Uhuk..uhuk..”  aku  memukul  dadaku  dengan  pelan  supaya  batuknya  reda.

“Kenapa  lo  batuk-batuk  pas  gue  keluar?  ngejek  lo  ya?  Emang  ada  apa  sih  dibadan  atau  muka  gue  sampai  lo  batuk-batuk  gitu?  Aneh  banget  sih  lo!”  Roland  mengernyitkan  dahinya  sambil  menatapku.

“Eh..  siapa  juga  yang  ngejek  lo?  Emang  gue  gak  boleh  batuk  apa  pas  lo  keluar?  Mungkin  aja  kan  kebetulan  pas  lo  keluar  pas  pula  juga  gue  batuk.  Lo  tuh  yang  aneh!”  aku  balik  menatapnya  dengan  sinis  dan  langsung  berlari.  Baru  kali  ini  aku  ngobrol  panjang  sama  Roland  soalnya  dia  anak  yang  pendiam  dikelas,  tapi  kok  bisa  ya  dia  cerewet  amat  tadi?  bodo  ah!

                                                                         **       

Sakit  juga  nih  hidung  gara-gara  keselek  soda,  semua  karena  roland  nih.  Aku  mengelus  hidungku  yang  tak  terlalu  mancung  itu.  Huh,  ngeselin!  Pelajaran  Bahasa  Inggris  siang  ini  terasa  membosankan  bagiku,  para  siswa  disuruh  untuk  mempresentasikan  tugas  kemarin  yang  diberikan  oleh  bu  Siska.

”Roland,  silahkan”  kata  bu  Siska  menyuruh  Roland  untuk  segera  mempresentasikan  hasil  kerjanya.

Seisi  kelaspun  mulai  memperhatikannya  termasuk  aku,  dia  memasang  wajah  sok  polos.  Tadi  dipespustakaan  wajahnya  gak  sok  polos gitu  deh,  dasar  penipu!  Eh..  tapi  gak  mungkin  juga  ya  dia  pasang  muka  cengengesan  pas  lagi  presentasi  didepan  bu  Siska,  dodol  amat  deh  aku.

“Mel?  Roland  cakep  juga  ya”  ucap  Nisa,  sahabatku,   sambil  cengar  cengir  gak  jelas.

“Yah,  lumayan  cakeplah.  Kenapa  emangnya  Nis ?”  tanyaku  tanpa  mengalihkan  pandanganku  dari  Roland  yang  sedang  menjelaskan.

“Akhir-akhir  ini gue  jadi  suka  sama  dia  mel”

WHAT??  Aku  langsung  terdiam  dengan  pernyataan  nisa  tadi,  aku  bingung  harus  merespon  apa.  Duuuhh..  kenapa  sih  si  Nisa  suka  sama  si  Roland?  Gak  mungkinkan  nanti  aku  dan  Nisa  rebutan  si  Roland,  entar  si  Roland  sok  kegantengan  deh  direbutin  sama  dua  cewek.  Huh!

**

Akhir-akhir  ini  aku  bosan  banget  sama  rutinitas  sekolah,  pelajaran  olahraraga  yang  menjadi pelajaran  kesukaanku  pun  terasa  membosankan.  Para  siswa  hanya  disuruh  latihan  teknik  dasar  permainan  bola  basket.  Aku  merapikan  ikatan  rambutku  dan  selanjutnya  aku  hanya  duduk  terbengong  dipinggir  lapangan.

Bhuukkk!

“Aww..  sakit  tau,  siapa  sih  yang  lempar?”  semburku  kepada  orang-orang  yang  lagi  berdiri  ditengah  lapangan  sambil  memegang  kepalaku.  Tidak  terlalu  sakit  sih,  tapi  malunya  itu  loh.

“Maaf  ya,  gue  gak  sengaja.  Bisa  tolong  lempar  bolanya  kesini?”

Dia  lagi,  dia  lagi,  kenapa  sih  harus  si  Roland  yang  lempar  tuh  bola  yang  akhirnya  mengenai  kepalaku.  Minta  maafnya  gak  tulus   seperti  tidak  ada  rasa  bersalah.  Liat  aja  lo  roland,  bakalan aku  balas!  Hatiku  jadi  dipenuhi  emosi  yang  berapi-api.

“Nih,  tangkap  ya  Roland”  dengan sekuat  tenaga  aku  lempar  bola  basket  itu  dengan  sekuat  tenaga  kearah  wajahnya.

Bhuukk!

Bola  basket  itu  tepat  mengenai  sasaran.  Roland   seperti  kebingungan,  dia  mengerjapkan  matanya  berkali-kali  sambil  memegangi  hidungnya.  Yes!  Aku  menang,  rasain  tuh.  Aku  tersenyum  puas  sambil  berkacak  pinggang.  Tapi  senyum  kepuasanku  hanya  bertahan  sebentar,  karena  tiba-tiba  saja  ada  darah  keluar  dari  hidungnya.  Aku  hanya  bisa  melongo  sedangkan  teman-temanku  langsung  mengerubungi  roland.

“Gue  gak  apa-apa  kok,  gue  keUKS  aja”  ucapnya  santai  dan  segera  melenggang  pergi.

Aduh,  mampus  deh!  Kenapa  tuh  anak?  Hatiku  jadi  diselimuti  rasa  bersalah.  Apa  aku  minta  maaf aja  ya?  Tapikan  tadi  dia  duluan  yang  lempar  bola  keaku,  tapi  dia  kan  gak  sengaja  ya,  nah  kalau  aku kan  sengaja  ngelemparnya.  Gimana  ya?  aku  mulai  panik.

“Woi,  Mel!  Lo  apain  tuh  si  Roland?  Liat  tuh  darahnya  berceceran”

“Aku  gak  bermaksud  bikin  dia  sampai  berdarah  gitu  kok  Nis.  Aku  jadi  merasa  bersalah  nih,  apa  aku  susul  dia  keUKS  aja  ya  nis?”

“Yah  mending  lo  susul  deh  dia,  kan  lo  suka  sama  dia.  Tadi  maksud  lo  mau  ngelempar  cinta  kan,  tapi  salah,  malah  ngelempar  bola  deh”  Nisa  mulai  cengar  cengir.

“Apaan  sih  nis,  gak  lucu  tau,  bukannya  lo  yang  suka  sama  dia?  udah  ah,  mending  aku  susul  si  Roland  keUKS”  aku  langsung  berlari  menuju  UKS.

UKS  tampak  sepi,  aku  membuka  pintunya  dan  pintunya  berdecit,  harus  segera  diganti  nih  pintu.  Aku  melihat  Roland  sedang  mendongakkan  kepalanya  dan  mengelap  hidungnya  dengan  kain  basah.  Kasian  juga  si  Roland.  Aku  segera  menghampirinya.

“Roland?  Gue  minta  maaf  ya  soal  yang  tadi,  bener  deh  tadi  itu  gue  gak  sengaja  dan  gak  nyangka  hidung  lo  bakalan  berdarah.  Sekali  lagi  maaf  ya”

“Eh  Meli?  Iya,  gak  apa-apa  kok.  Gue  juga  minta  maaf  ya.  Tapi  lo  punya  dendam  apa  sih  sama  gue  sampai  ngelempar  bola  basket  sekeras  itu?”  tumben  banget  dia  manggil  namaku.

“Dendam  tujuh  turunan”  jawabku  asal.

“Hahaha..”  Seketika  tawa  Roland  pecah,  tiba-tiba  dia  mencubit  hidungku  pelan.  Baru  kali  ini  aku  bercanda  sama  Roland,  jantungku  rasanya  mau  meledak.  Senangnya..

**

“Jadi  gimana  Mel  keadaan  Roland?  Hidungnya  gak  patahkan?”  Nisa  langsung  menanyaiku.

“Dia  baik-baik  aja  kok  Nis,  lebay  amat  kalau  hidungnya  sampai  patah.  Kenapa  lo  nanyain  dia?”

“Kan  udah  gue  bilang  Mel,  gue  suka  dia”

“Em..  Nis,  gue  mau  cerita  sesuatu  sama  lo,  tapi  lo  jangan  marah  ya.  Ini  tentang  perasaan  gue”  aku  mulai  menceritakan  bagaimana  caraku  untuk  mencari  gebetan  didepan  perpustakaan  dan  kalau  aku  menyukai  Roland,  ya  sekarang  aku  menyadarinya  kalau  aku  menyukai  Roland.  Selama  aku  bercerita,  Nisa  hanya  mengangguk  dan  cengar  cengir  saja.

“Meli,  sebenarnya  gue  gak  suka  sama  Roland.  Maaf  ya  gue  bohongin  lo,  gue  cuma  mau  ngetes  lo  aja.  Gue  udah  liat  kok  lo  pakai  cara  itu  didepan  perpustakaan,  terus  tadi  pas  lo  keUKS,  gue  ngikutin  dan  ngintipin  lo  deh.  Mending  lo  ungkapin  perasaan  lo  ke  Roland  deh  Mel,  kasian  gue  liat  lo  kelamaan  jomblo  sampai  pakai  cara  itu”

“jahat  banget  sih  lo  Nis  bohongin  gue,  masa  gue  sih  yang  ngeutarain  perasaan  gue  duluan?  Gue  kan  cewek  Nis.  Terus  kalau  dia  gak  suka  gue  gimana  dong  Nis?  Atau  enggak  gue  nyoba  pakai  cara  itu  sekali  lagi?”  Nisa  hanya  mengangguk  menyetujui.

**

Dan  disinilah  aku  duduk  didepan  perpustakaan  sambil  bernyanyi-nyanyi  kecil  untuk  mencoba  cara  itu  sekali  lagi.  Tapi  gimana  ya  kalau  yang  keluar  dari  perpustakaan  itu  bukan  Roland?  Apakah   aku  bakalan  menyukainya?  Duh..  pusing

“Kreet…”  eh..  eh..  siapa  yah  yang  bakalan  keluar?  Mudah-mudahan  orangnya  ganteng.  Duh  kok  deg-degan  lagi  ya  sama  seperti  aku  mencoba  cara  ini  pertama  kali.

“HAH?  Roland?  Kok  tiba-tiba  lo  disini?  Bukannya  tadi  lo  diuks?”  mataku  nyaris  keluar  melihat  siapa  yang  baru  saja  keluar.

“Gue  mau  pinjam  buku  matematika  untuk  tugas  kelompok  nanti,  emangnya  kenapa  Mel  kalau  aku  disini?”  Roland  menghampiriku  dan  duduk  disampingku.  Duh  rasanya  canggung  banget.

“Meli?  Gue  mau  ngomong  sama  lo”

“Ngomong  apa?  Mending  gue  duluan  deh  yang  ngomong.  Gue  itu  sebenarnya…  sebenarnya..”  aku  bilang  atau  enggak  ya?

“Gue  sebenarnya  apa  Mel?  Gue  duluan  deh  yang  ngomong.”

“Gak  mau,  gue  duluan  yang  ngomong!  Kalau  gue  itu...  gue…  duh  gue  apa  ya?  Tuhkan  gue  jadi  lupa.”

“Ya  udah  kalo  lo  lupa,  mending  gue  duluan  yang  ngomong.  Kalau  gue  itu  suka  sama  lo.”

“Hah?  Lo…  lo  suka  sama  gue?”  wajahku  seketika  memerah.

1 detik..  2 detik..  3 detik..  sampai  beberapa  detik  suasana  tiba-tiba  berubah  sunyi, aku  langsung  mengalihkan  pandanganku  yang  tadinya  menatap  wajah  Roland.  Duh..  aku  harus  ngapain  ya?  Aku  langsung  berlari.

“Meli?  Kok  lo  lari  sih?  Lo  gak  suka  gue  ya?  Apa  gue  harus  bawa  bunga,  ngumpulin  semua  orang  disini,  dan  nyanyi  buat  nembak  lo?”

Aku  menghentikan  langkahku  “gue  juga  suka  lo  kok  Roland,  gak  perlu  selebay  itu  kali.  Gue  cuma  mau  nyeritain  ini  ke  Nisa  kalau  gue  berhasil  pakai  cara  itu.”  Aku  setengah  berteriak.

“Jadi  kita  pacaran  nih  Mel?”  kali  ini  wajah  Roland  yang  memerah.

Aku  mengangguk  “Yah,  jodoh  emang  gak  kemana  ya!  Eh..  enggak  deh,  lebay  amat  ya  kata-kata  gue.”  Teriakku  kepada  Roland  kegirangan.  Roland  seketika  berlari  ketempatku  berdiri,  kemudian  kami  jalan  kekelas  bersama-sama.